MAKALAH
KOLEKSI
PERPUSTAKAAN
Disusun oleh:
Abdul Majid Bhakti J.
Aflahatud Da’imah
Agus Juli Cahyono
Ahmad Fajar Habibullah
Ellisabeth Kartikawati
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat
dan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini
dalam bentuk maupun isi yang sangat sederhana makalah ini disusun untuk
memenuhi tugas kelompok mata kuliah Perpustakaan SD.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada :
1. Bu. INA AGUSTIN selaku dosen
2.
Orang tua kami yang telah membantu baik moril
maupun materi
3. Teman-teman yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna,
baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari dosen
mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih
baik di masa yang akan datang.
Tuban, 9 April 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...... ................................................................................................. 1
KATA PENGANTAR .... 2
DAFTAR ISI ……….......................................................................................................
3
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ......................................................................................
4
B. Rumusan Masalah .................................................................................. 4
C. Tujuan .................................................................................................. 5
BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian Koleksi Perpustakaan .......................................................... 6
B. Jenis Koleksi
Perpustakaan.....................................................................
9
C. Penempatan koleksi
perpustakaan ......................................................... 10
BAB III :
PENUTUP
A. Kesimpulan...........................................................................................
12
B. Saran.................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA...... .............................................................................................. 13
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perpustakaan sekolah merupakan salah
satu jenis perpustakaan yang ada. Lembaga ini berada dibawah naungan instansi
pendidikan sebagai salah satu fasilitas dan sarana penunjang pendidikan.
Perpustakaan sekolah mempunyai tugas
pokok membantu proses belajar mengajar siswa dan guru dengan menyediakan bahan –
bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum serta ilmu tambahan/ penunjang
lainnya sehingga proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik. Namun sangat
disayangkan keberadaannya belum mendapat perhatian yang serius sehingga peran dan fungsi dari perpustakaan sekolah itu sendiri
belumnampak secara nyata.
Hal ini
disebabkan oleh belum adanya pustakawan yang secara khusus mengelola perpustakaan
sekolah. Kalaupun sudah ada, mereka pada umumnya adalah seorang guru /karyawan sekolah yang diserahi tugas untuk mengurus
perpustakaan. Perpustakaan Sekolah yang menyediakan buku-buku, koleksi yang lengkap
adalah sangat penting bagi guru dan
murid dalam hubungannya dengan keperluan peningkatan belajar dan mengajar.
Dan khususnya bagi murid, perpustakaan sangat penting karena dapat menolong murid
untuk aktif mencari sendiri apa-apa yang harus dipelajarinya, dan dapat menolong anak untuk menghubung-hubungkan
pelajaran satu dengan pelajaran yang lain.
Bahan-bahan pustaka dapat berupa naskah, gambar,
kaset, film, slide dsb. Pada perpustakaan yang lengkap bahan- bahan tersebut ada di perpustakaan tersebut.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari koleksi perpustakaan?
2. Apa saja jenis koleksi perpustakaan?
3. Bagaimana cara menempatkan koleksi perpustakaan?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui apa pengertian dari koleksi
perpustakaan
2. Untuk mengetahui apa saja jenis koleksi perpustakaan
3. Untuk mengetahui bagaimana cara menempatkan koleksi
perpustakaan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Koleksi Perpustakaan
Koleksi
merupakan “amunisi” dari perpustakaan sekolah. Tanpa adanya koleksi yang
memadai, maka perpustakaan sekolah tidak dapat menjalankan fungsinya secara
maksimal. Oleh karena itu, pengelola perpustakaan sekolah wajib mengetahui
jenis-jenis koleksi perpustakaan sekolah dan bagaimana pengembangannya agar
koleksi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengguna.
Koleksi adalah suatu istilah yang digunakan secara luas di dunia
perpustakaan untuk menyatakan bahan pustaka apa saja yang harus diadakan di
perpustakaan. Sebelumnya muncul istilah seleksi buku, buku dalam pengertian
yang lebih luas yang mencakup monografi, majalah, bahan mikro dan jenis bahan
pustaka lainnya.
Menurut Yusuf dan Suhendar ( 2005 : 9 ), “Koleksi perpustakaan sekolah
adalah sejumlah bahan atau sumber-sumber informasi, baik berupa buku ataupun
bukan buku, yang dikelola untuk kepentingan proses belajar mengajar di sekolah
yang bersangkutan”.
Menurut buku Pedoman Pembinaan Koleksi dan Pengetahuan Literature (1998 :
2), “Koleksi perpustakaan adalah semua bahan pustaka yang dikumpulkan, diolah,
dan disimpan untuk disajikan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan pengguna
akan informasi”.
Menurut Ade Kohar (2003 : 6), “Koleksi perpustakaan adalah yang mencakup
berbagai format bahan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan alternatif para
pemakai perpustakaan terhadap media rekam informasi”.
Menurut ALA Glossary of Library and Information Science (1983) pengembangan
koleksi merupakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan penentuan dan
koordinasi kebijakan seleksi, menilai kebutuhan pemakai, studi pemakaian
koleksi, evaluasi koleksi, identifikasi kebutuhan koleksi, seleksi bahan
pustaka, perencanaan kerjasama sumberdaya koleksi, pemeliharaan koleksi dan
penyiangan koleksi perpustakaan.
Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa koleksi perpustakaan adalah
semua bahan pustaka yang ada sesuai dengan kebutuhan aktivitas akademika dan
dapat digunakan oleh para pengguna perpustakaan tersebut.
B. Jenis Koleksi Perpustakaan
Menurut Yulia (1993 : 3) ada empat jenis koleksi perpustakaan yaitu:
1. Karya cetak
Karya cetak
adalah hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk cetak (printing), diantaranya:
- Buku
Buku adalah
bahan pustaka yang merupakan suatu kesatuan utuh dan yang paling utama terdapat
dalam koleksi perpustakaan. Berdasarkan standar dari Unesco tebal buku paling
sedikit 49 halaman tidak termasuk kulit maupun jaket buku. Diantaranya buku
fiksi, buku teks, dan buku rujukan.
- Terbitan berseri
Bahan pustaka
yang direncanakan untuk diterbitkan terus dengan jangka waktu terbit tertentu.
Yang termasuk dalam bahan pustaka ini adalah harian (surat kabar), majalah
(mingguan bulanan dan lainnya), laporan yang terbit dalam jangka waktu
tertentu, seperti laporan tahunan, tri wulanan, dan sebagainya.
2. Karya noncetak
Karya noncetak
adalah hasil pemikiran manusia yang dituangkan tidak dalam bentuk cetak seperti
buku atau majalah, melainkan dalam bentuk lain seperti rekaman suara, rekaman
video, rekaman gambar dan sebagainya. Istilah lain yang dipakai untuk bahan
pustaka ini adalah bahan non buku, ataupun bahan pandang dengar. Yang termasuk
dalam jenis bahan pustaka ini adalah:
- Rekaman suara
Yaitu bahan
pustaka dalam bentuk pita kaset dan piringan hitam. Sebagai contoh untuk
koleksi perpustakaan adalah buku pelajaran bahasa inggris yang dikombinasikan
dengan pita kaset.
- Gambar hidup dan rekaman video
Yang termasuk
dalam bentuk ini adalah film dan kaset video. Kegunaannya selain bersifat
rekreasi juga dipakai untuk pendidikan. Misalnya untuk pendidikan pemakai,
dalam hal ini bagimana cara menggunakan perpustakaan.
3. Bahan Grafika
Ada dua tipe
bahan grafika yaitu bahan pustaka yang dapat dilihat langsung (misalnya
lukisan, bagan, foto, gambar, teknik dan sebagainya) dan yang harus dilihat
dengan bantuan alat (misalnya selid, transparansi, dan filmstrip).
- Bahan Kartografi Yang termasuk kedalam jenis ini adalah: peta, atlas, bola dunia, foto udara, dan sebagainya.
- Bentuk mikro adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukkan semua bahan pustaka yang menggunakan media film dan tidak dapat dibaca dengan mata biasa melainkan harus memakai alat yang dinamakan microreader. Bahan pustaka ini digolongkan tersendiri, tidak dimasukkan bahan noncetak.
Hal ini disebabkan
informasi yang tercakup didalamnya meliputi bahan tercetak seperti majalah,
surat kabar, dan sebagainya. Ada tiga macam bentuk mikro yang sering menjadi koleksi
perpustakaan yaitu :
o Mikrofilm, bentuk mikro dalam gulungan film. Ada beberapa ukuran film yaitu
16 mm, dan 35 mm.
o Mikrofis, bentuk mikro dalam lembaran film dengan ukuran 105 mm x 148 mm
(standar) dan 75 mm x 125 mm.
o Microopaque, bentuk mikro dimana informasinya dicetak kedalam kertas yang
mengkilat tidak tembus cahaya. Ukuran sebesar mikrofis.
4. Karya dalam bentuk elektronik
Dengan adanya
teknologi informasi, maka infornasi dapat dituangkan ke dalam media elektronik
seperti pita magnetis dan cakram atau disc. Untuk membacanya diperlukan
perangkat keras seperti computer, CD-ROM player, dan sebagainya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
·
Koleksi perpustakaan adalah semua bahan
pustaka yang ada sesuai dengan kebutuhan aktivitas akademika dan dapat
digunakan oleh para pengguna perpustakaan tersebut.
·
Jenis jenis koleksi perpustakaan
1. Karya cetak
2. Karya noncetak
3. Bahan grafika
4. Karya dalam bentuk elektronik
B. Saran – saran
- akan lebih baik jika di perpustakaan sekolah ada tenaga khusus yang menangani semua sehingga dalam pengolahan perpustakaan bisa lebih optimal.Sebaiknya pihak sekolah lebih memperhatikan koleksi – koleksi yang terdapat di perpustakaan bahkan kalau bisa buku – buku koleksinya selalu diperbarui sesuai perkembangan kurikulum.
DAFTAR PUSTAKA
Sumiyati, Yuniasih, (2000)
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologgi Pertanian Badan Penelitian dan
Pengembangan Pertanian, Bogor.
0 Response to "Makalah Koleksi Perpustakaan"
Post a Comment