Pengaruh Sekolah pada Kepribadian Siswa


(Pengaruh Sekolah pada Kepribadian Siswa)
Perkembangan kepribadian anak sangat ditentukan oleh pendidikan yang diterima dari orang tuanya di rumah. rumah merupakan madrasah bagi anak. namun, Elizabeth Hurlock memaparkan tentang peran besar pendidikan di sekolah dalam mempengaruhi kepribadian anak.
Sekolah merupakan lembaga kedua yang memberikan andil besar dalam perkembangan kepribadian mereka. sebagaimana hurlock mengutip pendapat salomo bahwa sekolah harus dipandang selagi kekuatan sekunder alam perkembangan kepribadian manusia.
Untuk itu pada usia awal anak masuk sekolah, peran hubungan antara guru dengan murid sangat menentukan. Guru di sekolah mengambil peran orang tua untuk melakukan transfer of knowledge, value and attitude. maka guru disekolah memiliki peran yang strategis dalam perkembangan kepribadian anak. dengan demikian usia anak pada masa kanak sampai ke tingkat remaja akhir berada di dua wilayah yaitu rumah dan sekolah.
Oleh karena itu, agar anak mengalami perkembangan kepribadian yang sehat maka seharusnya pendidikan yang didapatkan anak selaras atau sinkron dan terintegrasi antara pembinaan di rumah dengan di sekolah. hal ini bertujuan agar tidak terjadi kebingungan yang pada ahirnya terjadi split personality.
beberapa alasan tentang pentingnya pendidikan dalam pengembangan kepribadian
1.      semua anak harus bersekolah
2.      pengarur sekolah sangat signifikan pada tahap awal pembentukan konsep diri pada anak
3.      selain di rumah, anak menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah dari pada di tempat lainnya.
4.      memberikan kesempatan kepada anak untuk mendapatkan perkembangan dalam kehidupan, dan sekolah mempengaruhi kepribadian dengan menawarkan mereka kesempatan untuk meraih "kesuksesan".
5.      sekolah memberikan kesempatan awal yang ril kepada seseorang untuk menilai dirinya dan kemampuannya secara realistis, bebas dari intervensi orangtua.
faktor - faktor yang mempengaruhi sikap anak terhadap pendidikan 


  1. jenis kelamin
  2. metode pembinaan anak 
  3.  pengaruh dari rumah
  4. kelas social 
  5. agama 
  6.  etnis 
  7.  teman sebaya 
  8.  penyesuaian pribadi
 SIKAP DAN PERILAKU GURU
Pengaruh guru terhadap perkembangan kepribadian orang muda adalah sama seperti pada kedua orang tuanya, karena pola kepribadian anak sudah sebagiannya terbentuk di rumah ketika anak masuk sekolah. pengaruh sikap guru dan perilaku pola kepribadian siswa berasal dari dua sumber utama, yaitu jenis hubungan yang ada antara guru dan siswa dan pengaruh guru pada suasana emosional sekolah.
Hubungan antara guru dan siswa ditentukan sebagian oleh sikap guru terhadap siswa sebagian oleh sikap siswa terhadap guru. sikap - sikap ini tergantung pada bagaimana guru dan siswa memandang satu sama lain. ketika guru memandang orang muda sebagai pembuat onar atau sebagai seorang mahasiswa yang tidak mampu mengikuti kegiatan perkuliahan, maka hal tersebut membuat dosen/ guru tidak menaruh simpati kepadanya.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hubungan guru dan siswa
1.      budaya stereotype
2.      sikap pilih kasih
3.      sikap kepada siswa
4.      teknik mengajar
5.      kontrol kelas
6.      penyesuaian pribadi guru

Mata Pelajaran Sekolah
mata pelajaran sekolah mempengaruhi kepribadian siswa baik secara langsung maupun tidak langsung.
secara langsung, mata pelajaran mempengaruhi (1)pola khas menanggapi orang dan situasi (2)pandangannya tentang mata pelajaran sekolah yang berbeda dan berdasarkan jenis kelamin yang sesuai. secara tidak langsung, mereka mempengaruhi kepribadiannya melalui efek mereka pada sikapnya terhadap sekolah dan pendidikan secara umum.

0 Response to "Pengaruh Sekolah pada Kepribadian Siswa"

Post a Comment