Devinisi UKS

 
  Definisi UKS
  • Usaha kesehatan sekolah adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan peserta didik pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan mulai dari TK sampai SMA/ SMK/ MA 
  • Kesehatan adalah kadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual, maupun social yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara social dan ekonomis 
  •  Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan ptensi diri melalui prosespembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu
  •  Tim Pembina UKS adalah organisasi yang menangani usaha UKS, baik ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/ kota dan kecamatan. 
  •  Tim pelaksana UKS adalah organisasi yang melaksanakan uks yang berkedudukan di sekolah 
  • Secretariat UKS adalah perangkat organisasi TP UKS
 
Latar Belakang UKS

UKS adalah sebagai salah satu program yang langsung berhubungan dengan peserta didik yang sudah dirilis serta diperkuat dengan terbitnya SKB 4 Menteri yaitu Menteri pendidikan dan kebudayaan, menteri agama, menteri kesehatan dan menteri dalam negeri yang diperbarui pada tahun 2003
Program UKS yang dikenal sebagai Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas.
Dalam pelaksanaan program UKS selama ini masih dirasakan belum sesuai dengan apa yang diharapkan, kegiatan pendidikan kesehatan lebih bersifat pengajaran, penambaha pengetahuan dan kurang menekankan pada segi praktis yang dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.
Dalam UU no. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional dinyatakan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan bebudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Diantara tujuan tersebut terdapat tujuan yang menyangkut kesehatan baik kesehatan jasmani maupun kesehatan mental social, dimana keduanya sangat mempengaruhi terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya.
Pembinaan dan pengembangan UKS merupakan salah satu upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam meningkatkan kua;itas fisik penduduk.
Dari berbagai evaluasi dan pengamatan yang dilakukan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan dapat disimpulkan berbagai kondisi sebagai berikut:

  1.  Prinsip hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik di Indonesia belum mencapai tingkat yang diharapkan.
    2.      Perilaku hidup berih dan sehat belum mencapai tingkat yang diharapkan. 
     Masalah kesehatan yang sering menimpa peserta didik meliputi
    a.       Sanitasi dasar yang memenuhi syarat kesehatan
    b.      Meningkatnya pecandu narkoba
    c.       Meningkatnya HIV/AIDS melalui hubungan seksual
    d.      Perilaku hidup bersih dan sehat
    1.      Meningkatnya sumber daya manusia (SDM)
    a.       Kurangnya guru yang mengajar pendidikan kesehatan/ guru yang menangani UKS
    b.      Kader kesehatan sekolah perlu dilatih dalam bidang kesehatan (pendidikan dan pelayanan)
    2.      Terbatasnya sarana dan prasarana UKS
    a.       Pengadaan UKS Kit, ruang uks
    b.      Pengadaan media seperti poster, leaflet, lembar balik, dan lain – lain
    c.       Pengadaan buku pencatatan dan pelaporan
    3.      Pencatatan dan pelaporan yang masih/ kurang terpenuhi
    4.      Kurangnya koordinasi dan komitmen dalam pelaksanaan program UKS
     

0 Response to "Devinisi UKS"

Post a Comment