Teori Pembelajaran

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SD II
TEORI PEMBELAJARAN
    1.      Teori Belajar Behavioristik
Menurut teori tersebut, belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon.
Menurut teori ini pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di dalam lingkungannya, yang akan memberikan pengalaman tertentu kepadanya. Proses stimulus respon memiliki beberapa unsur yakni :
a.       Unsur dorongan atau drive, siswa merasakan adanya dorongan kebutuhan ini
b.      Adanya rangsangan atau stimulus. Siswa diberikan stimulus yang dapat memberikan respon.
c.       Respons dari siswa yang berupa suatu reaksi terhadap stimulus yang diterimanya missal dengan melakukan tindakan nyata.
d.      Unsur penguatan yang perlu diberikan kepada pebelajar agar ia merasakan adanya kebutuhan untuk memberikan respons.
Beberapa pendapat dalam hal wujud dan factor-faktor yang terjadi dalam proses belajar.
a)      Thorndike
Belajar adalah proses interaksi antara stimulus (yang mungkin berupa pikiran, perasaan atau gerakan) dan respon (yang juga biisa berbentuk pikiran perasaan atau gerakan). Secara jeas perubahan tingkah laku itu boleh berwujut sesuatu yang kongkrit (dapat  diamat)atau non kongkret (tidak bisa diamati).
b)      Watson
Menurut Watson, stimulus dan respon tersebut harus berbentuk tingkah laku yang “bisa diamati” (observable). Watson mengabaikan berbagai perubahan metal yang mungkin terjadi dalam belajar dan menganggapnya sebagai factor yang tidak perlu diketahui.

c)      Skinner
Menurut skinner, deskripsi hubungan antara stimulus dan respon untuk menjelaskan tingkah laku (dalam hubungannya dengan lingkungan). 
            Teori belajar behavioristic menjelaskan belajar itu adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur dan dinilai secara kongkret. Perubahan terjadi melalui rangsangan (stimulus) yang menimbulkan hubungan perilaku reaktif (respon) berdasarkan hokum-hukum mekanistik. Stimulus tidak lain adalah lingkungan belajar anak, baik internal maupun eksternal yang menjadi penyebab belajar.
Sedangkan respon adalah akibat atau dampak berupa reaksi fisik terhadap stimulus. Teori behavioristic mementingkan factor lingkungannya.
Aplikasi teori Behavioristik terhadap pembelajaran siswa
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan teori behavioristic adalah ciri-ciri kuat mendasarinya yaitu :
a.       Mementingkan pengaruh lingkungan
b.      Mementingkan bagian-bagian
c.       Mementingkan peranan reaksi
d.      Mengutamakan mekanisme terbentuknya hasil belajar melalui prosedur stimulus respon
e.       Mementingkan peranan kemampuan yang sudah terbentuk sebelumnya
f.       Mementingkan pembentukan kebiasaan melalui latian dan pengulangan
g.      Hasil belajar yang dicapai adlah munculnya perilaku yang diinginkan.
Tujuan pembelajarn ditandai dengan pencapaian suatu keterampilan tertentu. Pembelajaran berorentasi pada hasil yang dpat diukur  dan diamati. Hasil yang diharapkan dalam teori behaviristik ini adalah terbentuknya perilaku siswa yang diinginkan.  Perilaku yang diinginkan ini  mendapat penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penilaian negative.
Secara umum langkah pembelajaran behavioristic dapat menggunakan rancangan pembelajaran dengan langkah-langkah yang meliputi:
1.      Menentukan tujuan pembelajaran
2.      Menganalisis lingkungan kelas yang ada saat ini termasuk mengidentifikasi pengetahuan awal
3.      Menentukan materi pembelajaran
4.      Memecahkan materi pembelajaran menjadi bagian-bagian kecil yang meliputi pokok  bahasan, sub pokok bahasan, topic dsb
5.      Menyajikan materi pembelajaran
6.      Memberikan stimulus dapat berupa pertanyaan lisan maupun tulisan, latian atau tugas-tugas
7.      Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan siswa
8.      Memberikan penguatan atau reinforcement (mungkin penguatan positif ataupun penguatan negative) atau hukuman.
9.      Memberi stimulus baru
10.  Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan siswa
11.  Memberikan penguatan lanjutan atau hukuman.
12.  Evaluasi.

0 Response to "Teori Pembelajaran"

Post a Comment